Sherwood Merasa Paling Mengenal Spurs

Sherwood Merasa Paling Mengenal Spurs

Sherwood Merasa Paling Mengenal Spurs

Tottenham Hotspur telah menetapkan sebuah keputusan penting. Petinggi klub Daniel Levy memberikan sebuah ikatan kontrak permanen terhadap Tim Sherwood selama kurun waktu 18 bulan ke depan. Karena itu Tim Sherwood mengatakan dirinya sangat bangga dan tersanjung bisa menjadi pelatih baru Tottenham. Secara mengejutkan keputusan Spurs untuk menunjuk Sherwood dan mengantikan peran kepelatihan dari Andre Villas-Boas terjadi di awal pekan. Pelatih berusia 44 tahun itu mampu menyingkirkan sejumlah nama besar termasuk Fabio Capello dan Frank de Boer serta Louis van Gaal. Sejak pensiun dari lapangan hijau, Sherwood menekuni bakat baru sebagai pelatih tim yunior pada tahun 2008, dan karena itu pihak klub sama sekali tidak memiliki keraguan di dalam dirinya karena hubungan kedekatan dengan klub tersebut. Ia berharap dengan adanya keterkaitan yang kuat, dapat mengangkat performa Tottenham ke jenjang yang lebih baik.

Tentu mejadi suatu kebanggaan dalam diri saya dan saya sangat tersanjung atas penunjukan ini. Karena tim ini memiliki peran lebih besar di dalam karir persepakbolaan saya sebelumnya dan saya memiliki kebanggaan di dalam mereka. Jiwa dan raga saya sudah menyatu dengan klub ini. Merupakan sebuah artian yang sangat luas untuk segalanya.  “Saya sudah mengetahui mulai dari hal yang paling dasar sampai ke jenjang tim utama, bekerja dalam sebuah tingkatan di klub sepakbola dan para pemain di sini, sehingga saya memiliki sebuah pengalaman yang lebih dari cukup. Harapannya, saya dapat bertahan untuk menghadapi segala macam tekanan sebagai pelatih kepala.” Pada awalnya Sherwood hanya berbasis pelatih sementara saat Andre Villas-Boas di depak pekan lalu. Mantan punggawa tim nasional Inggris dan Blackburn Rovers itu mengawali laga dengan kekalahan di ajang Piala Liga dan harus tersingkir dari West Ham United. Namun hanya selang empat hari saja, kemampuannya mulai terlihat saat menaklukkan Southampton 3-2 di Liga Premier.

Ternyata salah satu bentuk dan perhatian yang dicurahkan oleh Daniel Levy hanya di Liga Premier. Sehingga ia sangat senang dengan performa dan komitmen dalam gaya menyerang yang diterapkan oleh Sherwood. Dan sang petinggi klub sangat yakin bahwa pendekatan yang dilakukan kepada masing-masing pemain membuat mereka bisa mewujudkan keinginan klub tersebut untuk meraih posisi empat besar di musim ini. “Kami memiliki komposisi pemain-pemain yang sangat baik di sini dan jika kami mampu mengajukan diri dengan baik di kompetisi reguler, maka saya harap dengan sejumlah pemain yang dipercayakan untuk mengembangkan posisinya masing-masing bisa lebih maksimal dan kemudian kami bisa membuat tim lawan lebih sengsara lagi,” tutur Sherwood. Beberapa keraguan dan pertanyaan sempat mencuat ke permukaan atas latar belakang penunjukan Sherwood, namun menurut salah satu sosok yang mererkrut Sherwood ke staf kepelatihan di White Hart Lane – Harry Redknapp – sangat yakin bahwa keputusan Levy menunjuknya merupakan sebuah langkah paling tepat.

“Saya pikir Tottenham sangat luar biasa mengawali musim ini dengan menempati posisi di atas Arsenal pada awal musim,” puji Redknapp. “Kemudian Arsenal kalah di pertandingan pertama pada musim ini, namun kemudian mereka menjalani musim dengan aksi yang luar biasa. Namun kini mereka hanya terpaut enam poin saja dari Tottenham. Hal ini tentu tidak ada masalah, dalam beberapa pekan saja mungkin bisa terkejar, sehingga Tottenham harus mengejar titik itu terlebih dulu. Saya melihat komposisi skuad Tottenham sangat baik. Saya pikir Tim akan mencari solusi terbaik untuk mengangkat posisi mereka lebih baik lagi. Saya tidak akan mencoret peluang Tottenham dari posisi empat besar, mereka memiliki peluang terbaik sebagaimana tim itu akan bersaing ketat hingga akhir musim nanti.”