Santos FC

santos

Santos FC    

Pasaran Bola Taruhan – Santos Futebol Clube, umumnya dikenal Santos dan disebut sebagai Peixe  adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di Vila Belmiro, kota Santos, Brasil. Meskipun yang utama adalah tim sepak bola, Santos juga berkompetisi dalam sejumlah olahraga yang berbeda. Santos adalah salah satu dari hanya lima klub yang tidak pernah terdegradasi, bersama dengan São Paulo, Flamengo, Cruzeiro dan Internacional.

Klub ini didirikan pada tahun 1912 diprakarsai tiga penggemar olahraga dari Santos yaitu Raimundo Marques, Mário Ferraz de Campos, dan Argemiro de Souza Júnior sebagai respon terhadap kurangnya representasi kota itu dalam sepak bola. Sejak itu, Santos menjadi salah satu klub paling sukses di Brazil, menjadi simbol Jogo Bonito dalam budaya sepak bola, dengan motto “Técnica e Disciplina” (Teknik dan disiplin).  Lagu yang paling dikenal Santista adalah “Leão do Mar” yang ditulis oleh Mangeri Neto. Lagu ini terkenal berkat generasi emas yang Peixe tahun 1960-an yang berisi pemain seperti Gilmar, Mauro Ramos, Mengálvio, Coutinho, Pepe dan terutama Pelé. Santásticos, dianggap oleh sebagai klub terbaik sepanjang masa, memenangkan total 24 gelar selama satu dekade termasuk lima Brasileirãos berturut-turut, sebuah prestasi yang tetap tiada bandingnya hingga saat ini. Santásticos juga menjadi tim pertama di dunia yang memenangkan Treble Kontinental, memenangkan Paulistão, yang Brasileirão, dan Copa Libertadores pada tahun 1962.

Klub Santista adalah klub paling sukses, bersama São Paulo, menjadikan sepak bola di Brasil menjadi salah satu negara paling sukses di dunia. Santos adalah klub paling sukses di Brasileirão, menjadi juara nasional delapan kali, mereka berbagi rekor dengan Palmeiras. Klub ini juga memenangkan 20 Paulistãos, tiga Copa Libertadores, dua Piala Amerika Selatan, satu Recopa Sudamericana de Campeones Intercontinentales, satu Intercontinental Supercup, satu Copa CONMEBOL, satu Copa do Brasil dan satu Sudamericana Recopa. Pada tahun 1962, Santos menjadi klub pertama di dunia yang memenangkan empat gelar dari empat kompetisi dalam satu tahun. Pada tanggal 20 Januari 1998, Santos menjadi tim pertama di dunia, yang mencapai 10.000 gol dalam sejarah sepakbola, dicetak oleh Jorginho. Peixe memainkan laga kandang mereka di Vila Belmiro, yang saat ini menampung hingga 20.120 penonton. Jersey resmi Santos berwarna serba putih. Dalam hal pendapatan, Santos adalah 4 terkaya klub olahraga Brazil dan salah satu klub sepakbola terbesar di dunia, menghasilkan omset tahunan lebih dari $ 114.000.000 pada tahun 2012.