Perunggu Menjadi Milik Singapura

Perunggu Menjadi Milik Singapura

Perunggu Menjadi Milik Singapura

Tim sepakbola Singapura sukses membawa medali perunggu pada ajang Sea Games XXVII Myanmar 2013 setelah pada pertandingan perebutan tempat ketiga berhasil mengalahkan juara bertahan Malaysia. Skor 2-1 menjadi kemenangan di laga penutup untuk Singapura di Theikdi Football Stadium, Zabu Thiri Stadium. Sepasang gol Singapura dicetak oleh Hariss Harun, pada babak pertama menit ke 13 dan semenit setelahnya di menit ke 14. Sementara untuk ‘Harimau Muda’ Malaysia, gol tunggal dicetakoleh Thamil Arasu Ambumamme pada menit ke 68 pada babak kedua. Aroma kemenangan yang akan diraih oleh kedua klub yang bertanding sejatinya berpihak pada kubu Singapura, Pasalnya,di menit-menit awal babak pertama Singapura yang dijuluki Young Lions telah melakukan beberapa serangan ke pertahanan tim yang diasuh Ong Kim Swee. Namun, gol pertama untuk Singapura berhasil dicetak oleh Hariss Harun pada menit 13, setelah menuntaskan umpan dari tendangan sudut untuk menjadi gol pembuka untuk Singapura.

Semenit setelah ia mencetak gol pertama, Harun kembali mencetak gol kedua sehingga memperbesar keunggulan Singapura melalui tendangan kerasnya yang gagal dihentikan kiper. Skor pun menjadi 2-0 untuk keunggulan Singapura. Tertinggal 2-0 membuat Malaysia menambah intensitas serangan ke pertahanan Singapura. Anak asuh dari Ong Kim Swee itu berulang kali mengancam pertahanan Singapura. Namun, dari beberapa peluang yang didapat para pemain Malaysia tidak dapat menyelesaikannya menjadi gol. Peluit Babak pertama pun dibunyikan oleh wasit. Pada interval kedua, sang juara bertahan pun berusaha untuk membangun serangan. Malaysia sendiri berharap dapat memenangkan laga ini dan sekaligus meraih medali perunggu, mengingat Malaysia adalah tim yang menjadi juara dan membawa emas di Sea Games Palembang dua tahun yang lalu.

Pertandingan perebutan tempat ketiga antara Singapura dan Malaysia yang berlangsung di Wunna Theikdi Football Stadium berjalan cukup sengit dan panas.Sang pengadil lapangan bahkan harus mengeluarkan kartu kuning sebanyak lima kali dalam sakunya, satu kartu kuning diberikan untuk pemain Malaysia dan sisanya diberikan untuk para pemain Singapura. Serangan yang dilakukan Malaysia sepanjang babak kedua akhirnya membuahkan hasil pada menit ke 68. Gol dari Thamil Arasu Ambumammesukses memperkecil ketertinggalan Malaysia dan juga membangkitkan semangat para pemain Malaysia untuk menyamakan kedudukan pada sisa waktu dipertandingan ini. Sayang, solidnya lini pertahanan pasukan Ade Iskandar itu membuat Malaysia sulit menyamakan kedudukan dan mental yang dimiliki para pemain Malaysia pun menjadi jatuh sehingga tidak mampu mewujudkan harapannya untuk meraih medali. Hingga  90 menit dan 4 menit injury time, skor tetap 2-1 dan tak berubah untuk kemenangan Singapura Izwan Mahbud dkk pun berhak untuk meraih medali perunggu.