Menyelesaikan Masalah Vermaelen

thomas-vermaelen

Menyelesaikan Masalah Vermaelen

Pasaran Bola Taruhan – Meskipun berstatus sebagai kapten klub, masa depan Thomas Vermaelen sebagai pemain Arsenal bisa dibilang meragukan. Menyandang nama ‘Verminator’ sebagai julukan setelah musim pertama yang luar biasa, pemain internasional Belgia mengokohkan diri sebagai salah satu defender terbaik Liga Premier Inggris. Namun musim lalu nasibnya berbalik, performanya buruk, sering salah dalam mengantisipasi serangan lawan, dan sering kehilangan konsentrasi saat mendapat tekanan yang tinggi dari lawan, Wenger akhirnya menjadikan Vermaelen pemain cadangan.

Namun masalah utama bagi Vermaelen sekarang bukan tempatnya di tim inti Arsenal, tapi kompetisi yang dihadapinya dalam perebutan tempat sebagai pemain Belgia dalam Piala Dunia 2014. Timnas Belgia sekarang dihuni kelimpahan talenta dari depan sampai belakang, dan Vermaelen menghadapi persaingan yang ketat dengan Van Buyten, Vertonghen, Pocognoli, Van Damme, De Bock, dan kapten Belgia saat ini, Vincent Kompany dalam memperebutkan status sebagai bek tengah. Tak diragukan, pemain Belgia ini membutuhkan waktu bermain yang lebih banyak musim depan bila dia berharap ingin dibawa ke Brazil. oleh karena itu, Vermaelen memiliki dua pilihan realistis : meningkatkan permainannya dan masuk ke tim utama Arseal musim depan, atau meminta dijual.

Opsi terbaik bagi Vermaelen adalah menemukan dirinya yang dulu dan mengembalikan performanya dua tahun lalu. Hanya ada satu cara baginya untuk melakukan hal tersebut, dia harus bekerja dengan keras di tempat latihan. Walaupun dengan semangat yang begitu tinggi di tempat latihan, pemain Belgia akan menghadapi kesulitan lain yakni harus menembus partnership yang terjalin baik antara Per Mertesacker dan Laurent Koscielny yang membuat pertahanan Arsenal menjadi begitu kuat di paruh kedua kompetisi musim lalu. Kerja sama dua pemain ini menghasilkan Arsenal hanya kebobolan 15 gol dari 19 pertandingan. Satu-satunya peluang terbuka bagi Vermaelen adalah dengan menggeser Mertesacker dari posisinya, yang terkadang melakukan blunder. Vermaelen sulit menggeser Koscielny yang menjadi pemain kunci dalam pertahanan Arsenal musim lalu. Tak akan ada kemudahan bagi Vermaelen musim depan. dia harus menambah semangat dan membutkikan dirinya layak bermain bagi timnas Belgia.

Tentu saja opsi yang lebih mudah adalah pindah dari Emirates Stadium. Meskipun dia tampil buruk musim lalu, pasti ada klub lain yang mau menampungnya musim depan. jika dia melanjutkan karir di Everton misalnya, dia akan menjadi pengganti yang tepat bagi Heitinga yang sudah termakan usia dan kombinasinya dengan Jagielka akan membuat pertahanan Everton kokoh. Tapi ada satu hal yang menggelitik bagi Arsenal, bila Vermaelen pindah, maka dia menjadi kapten ketiga berturut-turut dari the gunners yang harus pindah. Kecil kemungkinan Arsenal membiarkannya pergi, dia juga memiliki kemampuan yang membuat fans Arsenal senang padanya. Jadi kelihatannya Vermaelen telah menyadari situasinya. Dia punya pilihan : meminta pindah dari klub yang sangat mengidolainya, atau mengorbankan darah, keringat, dan tangisan saat latihan demi mengembalikan performanya seperti sedia kala. Dua belas bulan ke depan akan menjadi rangkaian perjananan yang besar bagi pemain Belgia ini, dan dia harus membuat keputusan sebijak mungkin. Vermaelen tak boleh membiarkan goners mengangis kehilangan kapten untuk ketiga kalinya secara beruntun, dia harus membuktikan kalu Vermaelen masih pantas mendapatkan julukan sebagai ‘Verminator’ bukan ‘blunderminator’ seperti yang dia tunjukkan saat memberi umpan gratis pada van Persie di Old Trafford musim lalu.