Kompetisi Indonesia Super League ( ISL ) Dibagi Dua Wilayah

Kompetisi Indonesia Super League ( ISL ) Dibagi Dua Wilayah

Kompetisi Indonesia Super League ( ISL ) Dibagi Dua Wilayah

PSSI telah memutuskan dan mengumumkan secara resmi musim kompetisi ISL akan mulai dibuka pada awal bulan Pebruari 2014 nanti. Dalam kompetisi itu nanti akan dibagi menjadi dua wilayah yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Kompetisi ini nanti akan memakai sistem pertandingan kandang dan pertandingan tandang. Hal itu diungkapkan oleh Sekjen PSSI Joko Driyono. Kompetisi ISL ini nanti akan di ikuti oleh 22 klub. Dimana ada empat klub terbaik dari masing masing wilayah yang akan tampil dalam babak delapan besar untuk memperebutkan tiket ke semifinal dan kemudian dilanjutkan ke babak Final. Keputusan tersebut diambil oleh PSSI dengan pertimbangan agar musim kompetisi kali ini tidak memakan waktu yang lama dan bisa lebih menghemat biaya bagi 22 klub peserta kompetisi. Joko Driyono juga menambahkan dalam masing masing wilayah nantinya akan ada dua tim yang terdegradasi dan hanya ada dua tim promosi dari divisi utama. Hal itu dilakukan oleh PSSI untuk unifikasi liga tahun 2016 nanti.

Meski pembagian dua wilayah sudah di umumkan Senin ( 23/12/13 ) lalu namun untuk pembagian klub mana yang akan masuk dalam wilayah barat dan wilayah timur masih akan ditetapkan oleh PSSI pada hari Senin (31/12/13) nanti. Pembagian wilayah tersebut ditanggapi oleh beberapa klub peserta ISL. Salah satunya adalah PSM Makasar. Manajemen PSM menyebutkan bahwa ada segi positif maupun segi negatif dengan pembagian dua wilayah tersebut. Andi Darussaalam Tabussalla (ADS), Direktur Olahraga PSMmengatakan bila dilihat dari segi anggaran memang lebih menghemat anggaran biaya saat melakoni laga kandang maupun tandang. Namun jika di lihat dari segi negatifnya, persaingan antar klub menuju ke empat besar akan semakin ketat. Hal itu disebabkan untuk wilayah timur diprediksikan akan dihuni dua tim kuat Persebaya Surabaya dan Persipura Jayapura dimana kedua tim tersebut adalah juara bertahan di ISL.

Rully Habibie, CEO PT PSM juga sependapat dengan ADS soal penghematan anggaran jika kompetisi di bagi dalam dua wilayah. Memang logikanya dua wilayah memang lebih baik. Dirinya tetap menyerahkan sepenuhnya mengenai kebijaksanaan kompetisi kepada PSSI. Sedangkan Umuh Muhtar selaku Manajer Persib Bandung menyambut baik kebijaksanaan PSSI tersebut. Umuh Muhtar menyebutkan bahwa keputusan tersebut adalah keputusan yang bijak mengingat jumlah peserta yang banyak seperti saat ini dan ia yakin bahwa semua tim akan merasa diuntungkan. Selain dilihat dari segi penghematan anggaran tim, sistem tersebut bisa membuat kondisi pemain tetap bugar dalam setiap pertandingan. Jika tetap di paksakan dalam satu wilayah, jadwal pertandingan akan sangat padat dan kemungkinan jarak tempuh yang jauh untuk melakoni pertandingan bisa membuat para pemain kelelahan sebelum bertanding. Umuh Muhtar mengaku sudah mempersiapkan strategi untuk menyiasati kompetisi dua wilayah tersebut. Jika dilihat dari letak geografis, kemungkinan besar Persib Bandung akan berada di wilayah barat bersama dengan tim yang juga berada di wilayah barat Indonesia.