Bola Online Manajer Jenius Dari Chili Manuel Pellegrini

Manajer Jenius Dari Chili Manuel Pellegrini

Manajer Jenius Dari Chili Manuel Pellegrini

Bola Online – Salah satu tim yang menjadi raksasa di Liga Primer inggris saat ini adalah Manchester City. Memang dalam beberapa tahun terakhir tim tetangga Manchester United ini menjadi klub besar dengan dana yang melimpah, yang bisa saja untuk membeli pemain manapun yang mereka mampu. Tapi di balik gemerlap kesuksesan City, ada sosok manajer-manajer besar yang menjadi otak dibalik kesuksesan mereka. Setelah Roberto Manchini yang bisa dibilang sukses membesut The Citizents, suksesornya pun juga mempunyai reputasi serupa. Dialah Manuel Pellegrini, manajer asal Chili yang juga pernah dipercaya untuk menukangi Madrid sebelum di gusur oleh Jose Mourinho.

Manajer yang memiliki nama lengkap Manuel Luis Pellegrini Ripamonti, lahir di Santiago-Chili pada 16 September 1953. Sebagai pelatih, dia bisa dianggap telah berhasil menangani tim besar di Spanyol, Argentina dan Chile. Seorang insinyur sipil yang berkualitas dan pemain sepak bola yang kompeten, setelah pensiun sebagai pemain dia memutuskan untuk menjalani karir sebagai manajer di negara asalnya Chili dan kemudian Argentina. Pellegrini pindah ke Eropa pada tahun 2004 untuk mengambil posisi manajer di Villarreal, klub kecil di dekat Valencia dengan sedikit sejarah terkenal. Di bawah Pellegrini, Villarreal mencapai finis ketiga di Liga Spanyol pada 2004-05, semifinal Liga Champions 2005-06 dan mematahkan dua besar pada tahun 2008 dengan mengamankan finis kedua di La Liga pada 2007-08.

Catatan konsisten Pellegrini di Villarreal menarik perhatian Real Madrid dan dia ditunjuk sebagai manajer sana pada tahun 2009. Dia mengumpulkan total 96 poin, yang menjadi rekor klub sampai akhirnya dikalahkan oleh José Mourinho di musim 2011-12, tetapi kehilangan gelar ke Barcelona dengan hanya terpaut 3 poin. Dia dipecat setelah satu musim dan kemudian menyesalkan kebijakan Galacticos yang dipekerjakan di Real yang mencegah dia membangun sebuah tim yang seimbang.

Pellegrini mengambil peran manajer di Málaga pada November 2010. Dia memimpin Málaga finis di posisi keempat dalam musim penuh pertamanya dan berhasil lolos kualifikasi untuk Liga Champions. Dia berhasil mencapai babak perempat final Liga Champions 2012-13, menjadi satu-satunya pelatih untuk mengambil dua tim yang berbeda ke perempat final Liga Champions di musim debut mereka dalam kompetisi. Pada tanggal 22 Mei 2013, Pellegrini menegaskan ia akan meninggalkan Málaga pada akhir La Liga musim 2012-13.

Pada tanggal 30 Mei 2013 Pellegrini menyatakan ia memiliki kesepakatan verbal untuk menjadi manajer baru klub Liga Primer Manchester City. Pada 14 Juni 2013, Manchester City mengkonfirmasi penunjukan Pellegrini sebagai manajer baru tim pertama mereka dengan kontrak tiga tahun. Pellegrini mengatakan bahwa dia “senang menerima kesempatan yang sangat menarik ini.” Setelah bergabung dengan Manchester City, Pellegrini menjadi pelatih kelima dari luar Eropa untuk mengelola di Liga Primer. Bola Online