Agen Bola Lini Belakang Muenchen & Dortmund Paling Menjanjikan

 

Lini Belakang Muenchen & Dortmund Paling Menjanjikan

Lini Belakang Muenchen & Dortmund Paling Menjanjikan

Agen Bola – Bundesliga Jerman semakin tampil memikat dalam beberapa tahun terakhir. Persaingan antar klub yang sangat kompetitif, kejutan dari tim-tim non-unggulan, dan kelahiran banyak pemain muda setiap musimnya, menjadi daya tarik kompetisi sepakbola level teratas di Jerman ini. Wajar saja jika perhatian banyak penggemar sepakbola sekarang mulai beralih ke Bundesliga. Banyaknya gol-gol yang tercipta dalam sejumlah pertandingan di Bundesliga, bukan berarti tim-tim yang berlaga di kompetisi tersebut mengabaikan lini belakang. Barisan pertahanan suatu tim tetap memegang peranan penting, meski tidak terlalu sering diapresiasi. Oleh karena itu, beberapa tim besar terus memperkuat sektor pertahanan timnya masing-masing.

Prestasi menjanjikan berkat kesolidan permainan para bek tersebut pernah dirasakan Borussia Moenchengladbach pada musim 2011/2012. Pertahanan kokoh yang digalang para pemain belakangnya, mampu mengantarkan klub tersebut Liga Champions musim berikutnya. Saat itu, mereka hanya kebobolan 24 gol, lebih banyak dua gol dibandingkan juara bertahan di liga, Bayern Muenchen yang menjadi tim paling sedikit kebobolan sepanjang musim tersebut. Bayern Muenchen sendiri meraih label tak bergelar tersebut dalam dua musim terakhir berturut-turut, setelah musim 2012/2013 lalu mereka juga berhasil mempertahankan kekuatan lini belakangnya, dengan hanya 18 gol yang bersarang di gawang Manuel Neuer. Kiper nomor satu Jerman itu didukung dengan kehadiran bek asal Brasil Dante dan Jerome Boateng di jantung pertahanan, serta kapten Philipp Lahm di bek kanan dan David Alaba di kiri.

Komposisi sektor pertahanan tersebut tetap tidak berubah musim 2013/2014 ini, sehingga kemungkinan besar The Bavarians bisa mengulang kembali catatan impresif mereka musim lalu. Tidak hanya kebobolan paling sedikit, saat itu mereka juga tampil perkasa dengan rata-rata tembakan ke gawangnya yang hanya 8,2, menjadi paling sedikit di Bundesliga. Pelapis trio bek tadi pun juga tidak kalah berkualitas, seperti Daniel van Buyten dan Rafinha. Pertahanan terkuat lainnya dimiliki oleh Borussia Dortmund. Duo Mats Hummels dan Neven Subotic, dilengkapi dengan Lukasz Piszczek di posisi bek kanan dan Marcel Schmelzer di kiri, serta kiper Roman Weidenfeller, membuat lini belakang Die Borussen tidak kalah hebat dibandingkan Bayern Muenchen. Buktinya, rata-rata tembakan yang diterima klub tersebut musim lalu hanya kalah dari saingan beratnya itu, dengan 9,8 tembakan per pertandingan.

Keberadaan beberapa pemain andalan Borussia Dortmund itu memang sangat penting. Buktinya, ketika Hummels dan Subotic bergantian mengalami cidera musim lalu, mereka pun gagal mengejar poin Bayern Muenchen dalam memperebutkan trofi juara liga, akibat konsistensi lini belakang terganggu. Kedua pemain itu memang disebut-sebut banyak pengamat sepakbola dunia sebagai duet bek tengah paling menjanjikan di Eropa. Meski gagal merebut juara liga, setidaknya mereka sudah tampil mengejutkan dengan berhasil menembus partai final Liga Champions 2012/2013. Sayangnya, Die Schwarzgelben gagal lagi menjadi juara oleh kekuatan besar Bayern Muenchen. Tapi di musim 2013/2014 ini, Borussia Dortmund unggul sementara dari Die Bayern setelah meraih poin sempurna dalam lima laga awal di liga, dan memimpin klasemen sementara Bundesliga. Agen Bola